9/10/2018

PHBS MANDI


MANDI

Mandi adalah hal yang sangat penting, bagi manusia mandi membantu menjaga tubuh agar tetap bersih dan terbebas dari kuman serta menghindarkan dari berbagai penyakit.
Karenanya mandi merupakan salah satu kegiatan yang berguna untuk menjaga kebersihan seseorang. Selain itu ada juga beberapa manfaat kesehatan dari kegiatan mandi ini, yaitu:
a.       Mandi memberikan bantuan energi bagi tubuh.
Air gelombang yang jatuh ke kulit bisa mengeluarkan ion negatif dari tubuh dan menggantinya dengan ion positif yang lebih bermanfaat bagi tubuh.
b.      Mandi bisa berguna sebagai detoksifikasi tubuh.
Tubuh manusia mengandung banyak racun yang berasal dari pestisida makanan atau air yang dikonsumsi. Racun ini tidak akan bisa keluar dari tubuh jika pori-pori kulit tersumbat lemak, minyak atau bahan kimia lain. Dengan mandi, maka senyawa yang menutupi pori-pori kulit akan hilang dan racun ditubuh bisa keluar melalui keringat.
c.       Mandi bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks
Pantulan air yang jatuh ke kulit bisa menimbulkan sensasi rileksasi, kondisi ini efektif untuk membantu mengatasi masalah kesehatan mental. Selain itu sebagai langkah yang efektif untuk mengurangi stres dan kecemasan.
Bagi sebagian orang, mandi merupakan sebuah beban. Mereka biasanya memiliki alasan kenapa jarang melakukan kegiatan tersebut, seperti karena sedang terburu-buru, karena sedang sakit atau alasan karena hawa dingin. Hal ini karena mereka kurang menyadari akibat jarang mandi ini, akan muncul berbagai masalah, seperti :
a.       Gatal-gatal
Setelah melakukan berbagai aktivitas, tubuh akan menghasilkan keringat yang disertai munculnya kuman serta berbagai mikroorganisme lainnya yang melekat pada tubuh. Kuman dan mikroorganisme bisa berkembang biak dengan pesat pada tubuh yang lembab, dan itu dapat menimbulkan rasa gatal pada pada sebagian maupun seluruh tubuh.

Gangguan kulit ini bisa terjadi di satu tempat maupun di seluruh tubuh kita. Kebanyakan orang menganggap gatal-gatal sebagai masalah sepele, namun tahukah anda bahwa akibat dari sering menggaruk rasa yang mengganggu tersebut dapat menimbulkan masalah pada kesehatan yang serius seperti gangguan ginjal, dan penyakit kulit seperti kurap.
b.      Kutu Kepala Menyebabkan Penyakit Pediculosis Kapitis
Pediculosis Kapitis merupakan gatal-gatal karena iritasi kulit kepala yang disebabkan oleh liur kutu. Nah, inilah penyebabnya kenapa kulit kepala Anda terasa sangat gatal ketika memiliki kutu. Air liur dari kutu tidak hanya menyebabkan kulit Anda terasa gatal, tapi juga akan membuat kulit kepala cepat kotor dan berbau. Anda pasti sudah mengetahui, bahwa hewan itu juga membuang kotoran, nah di manakah kutu kepala membuang kotoran? Jawabannya ya pasti juga di kulit kepala Anda. Maka dari itu Anda yang memiliki kutu, kulit kepala akan cepat sekali kotor dan berbau.
Sebagai solusinya agar kepala Anda tidak cepat kotor yaitu dengan sering berkeramas, bisa dilakukan 2 hari sekali.
c.       Koreng Pada Kulit Kepala
Koreng di kepala tersebut disebabkan oleh adanya kutu yang membuang kotoran dan air liur di kepala kita. Selain itu, ditambah dengan jarangnya kita mencuci rambut, sehingga kotoran dan kuman akan mendukung terjadinya koreng pada kepala kita. Kemudian kita menggaruk kulit kepala dengan tanpa perhitungan, sehingga akan memperparah koreng
              Koreng kutu kepala
            Kutu Badan
Diperkirakan kutu badan adalah kutu kepala yang turun kebawah. Kutu badan berukuran jantan 2-3mm dan betina 2-3 mm, banyak terdapat didaerah dingin, sedangkan di daerah tropis kebanyakan kutu kepala.
Kutu badan adalah merupakan faktor penyakit tiphus yang hanya terjadi di daerah dingin, karena kutu badan adalah satu-satunya faktor. Tetapi kutu kepala dapat merupakan hospes cadangan untuk organisme tiphus dan berpotensi untuk menularkannya. Kutu badan adalah kutu yang “aneh” karena hidupnya pada baju (di daerah dingin orang memakai baju rangkap lebih dari 2 dan lama tidak dicuci karena orang jarang berkeringat) , apabila hawa dingin maka dia bergerak ke tubuh hospes, jadi biasanya kutu ini tinggal di pakaian lapis pertama.
Telur kutu badan diletakkan pada serat baju dan menetas sekitar 1 minggu kemudian, segera membentuk nimpa dan akan menjadi dewasa bila dekat dengan badan hospes. Apabila baju tidak dipakai beberapa hari maka kutu akan mati. Secara umum infestasi kutu (kepala/badan) bukan suatu penyakit yang menakutkan, tetapi gigitan kutu ini dapatmenyebabkan rasa tidak nyaman, timbul papula kecil merah dan dapat berkembang menajadi timbulnya eksudat. Terjadi rasa gatal dan menyebabkan kerak yang akan berkembang menjadi dermatitis dan terjadi infeksi sekunder. Gejala terjadi berhari-hari bergantung pada kepekaan seseorang yang terkena serangan.

d.      Menurunnya Prestasi Akademik Anak-Anak
Ketika anak Anda memiliki kutu, maka anak akan terus-menerus merasakan gatal pada kepala dan dia berkeinginan untuk terus menggaruk-garuk kepala. Nah, dari sinilah berawal, ketika mereka sedang mendapatkan pelajaran dikelas, konsentrasi akan menurun dan anak akan merasa gelisah. Jika keadaan ini terus berlangsung dalam jangka waktu yang lama, maka anak Anda tidak akan mendapatkan proses pembelajaran yang optimal dan pada akhirnya prestasi akademik yang menjadi taruhannya.
Simpel kan logikanya. Jadi jangan sekali-kali Anda meremehkan kutu kepala, apa lagi tidak segera membasminya. Anak Anda akan terus menderita dan mendapat kerugian.
e.       Si Kecil Mengalami Gangguan Tidur
Dampak kutu kepala selanjutnya yaitu anak akan mengalami gangguan tidur. Betapa tidak terganggu, Anda saja digigit nyamuk ketika tidur akan merasa terganggu dan tidak nyaman. Apalagi anak-anak Anda yang memiliki hewan penggigit kulit kepala dan sepanjang waktu dapat beraksi. Perlu diketahui bahwa, kutu kepala akan lebih banyak beraktifitas pada malam hari, termasuk dalam menghisap darah untuk suplai makanan. Maka dari itu jika anak Anda memiliki kutu kepala, sebaiknya segara dibasmi agar si kecil dapat tidur pulas.
   kutu kemaluan
Kutu rambut kemaluan merupakan sejenis serangga kecil yang berbentuk seperti kepiting yang di area rambut kemaluan. Tidak hanya menyerang atau menginfeksi, kutu rambut kemaluan ini juga akan menebarkan telurnya di sekitar rambut kemaluan Anda. Meski namanya kutu rambut kemaluan dan biasanya menyerang rambut di sekitar organ intim, kutu ini juga bisa berada di bagian tubuh lainnya seperti alis, ketiak, bulu kaki, kumis, janggut, atau bulu mata.
f.        Bau Badan
Dampak lain dari jarang mandi adalah timbulnya bau badan yang tidak sedap. Bau badan merupakan masalah yang cukup mengganggu penampilan. Bau badan terjadi saat keringat, minyak wangi dan bakteri dalam tubuh kita bercampur jadi satu dan berakibat menimbulkan bau yang tak sedap.


Cara mandi yang benar

1. Kepala

Usap kepala dengan perlahan gunakan shampoo. Untuk mencegah adanya kutu dan ketombe yang bersarang
2. Batang tubuh (leher hingga selangka)
Setelah bagian kepala bersih, lanjutkan ke batang tubuh. Sabun dengan formula ringan tepat untuk anak. Gunakan washcloth bersabun untuk membersihkan perut dan punggung. Jangan lupa bagian ketiak. Membersihkan lipatan kulit di area batang tubuh sangat penting demi kebersihan tubuh anak.
 

3. Tangan dan lengan

cara membersihkan area genital pada anak laki-laki:
 Tangan dan lengan menyentuh banyak benda sepanjang hari. Area ini perlu sering dibersihkan, termasuk saat mandi. Cuci sela jari dan bawah kuku jari. Sepanjang lengan dan siku juga harus dibersihkan.
4. Area genital
  • Gunakan sabun dan air. Saat mandi, bersihkan penis balita seperti yang Anda lakukan pada bagian tubuh lain, dengan air dan sabun bebas pewangi untuk menghindari iritasi pada area genital. Bilas dengan baik dengan air bersih dan keringkan.
  • Anda tidak perlu menarik bagian kulup untuk mencuci penis anak yang tidak dikhitan dan jangan paksa menariknya. Nantinya ketika kulup secara alami terpisah dari ujung penis, yang terjadi paling awal di usia anak 5 tahun, Anda bisa ajarkan anak membersihkan bagian bawah kulup, tapi sekarang mencuci seluruh penis dengan sabun dan air sudah cukup. Jangan khawatir bila ada bagian kekuningan di bawah kulup. Bagian ini berasal dari sisa sel tubuh ketika kulup mulai terpisah.  Jarang terjadi masalah pada area genital balita. Tapi bila terjadi biasanya bisa ditangani dengan bedah minor.
    Sedangkan untuk membersihkan area genital anak perempuan 
  • Seka dengan benar. Ketika membersihkan area genital anak perempuan, selalu seka vagina mulai dari depan ke belakang untuk menghindari penyebaran bakteri yang bisa menyebabkan infeksi. Ajarkan anak agar ia tahu cara melakukannya setelah ia lulus toilet training.
  • Bila mengganti popok terutama setelah buang air besar, bersihkan celah antara vagina dan labia. Tak perlu menyeka kotoran putih di dalam labia karena ini normal. Tapi hubungi dokter bila kotoran ini tiba-tiba berubah jumlah, warna, dan baunya.
  • Pilih sabun tanpa pewangi dan bebas alkohol untuk menghindari iritasi pada vagina anak. Juga hindari mandi gelembung sabun yang bisa mengiritasi bahkan memicu infeksi saluran kemih. Sabun dengan formula kuat bisa mengiritasi bukaan uretra anak. Ketika uretra mengalami iritasi, akan terasa sakit saat anak pipis, menyebabkan ia menahan pipis dan bakteri semakin tumbuh. Pemicu infeksi saluran kemih lain adalah tidak mengosongkan kandung kemih sepenuhnya, konstipasi, dan kebersihan yang buruk seperti menyeka dari belakang ke depan pada anak perempuan. Memastikan menyeka dengan benar dan minum banyak air agar anak pipis teratur dan tidak mengalami konstipasi bisa dilakukan untuk mencegah infeksi saluran kemih. Bila anak rentan terkena infeksi saluran kemih, sebaiknya hindari mandi gelembung. Dan bila anak sudah mengalami infeksi atau peradangan di sekitar urethra, mandi gelembung memperburuk kulit yang sudah sensitif.
  • Banyak balita yang suka bermain air dan ini tak jadi masalah. Tapi untuk memastikan anak tidak duduk di air yang kotor, bersabun, dan berpotensi menyebabkan iritasi saat bermain air, gunakan sabun dan shampo di akhir mandi. Ketika waktunya membersihkan vagina, bilas dengan air bersih menggunakan lap untuk mengangkat sisa sabun.
  • Setelah mandi, keringkan tubuh anak sebelum mengenakan krim popok atau pakaian. Bila ia basah karena berenang, lepas pakaian atau baju renang sesegera mungkin, kelembaban berlebihan bisa mengiritasi kulit sensitif di sekitar vagina anak.
 

5. Kaki

Bagian akhir adalah kaki dan jari kaki. Cuci dengan lap bersabun sepanjang kaki lalu ujung jari kaki. Perhatikan area di sela jari kaki, di belakang lutut, dan tumit. Akhiri sesi mandi dengan mengeluarkan air dari bak, keringkan tubuh dan rambut anak dengan handuk bersih. Keringkan rambut dan tubuh dengan handuk, tapi jangan digosok kasar. Pastikan Anda mengeringkan sela jari dan area pribadi. Kenakan pakaian yang bersih segera setelah mandi. Anak perlu menggosok gigi dan menggunakan benang pembersih gigi setelah mandi. Bila si kecil tidak  menggunakan kondisioner rambut selama mandi, Anda bisa memakaikannya setelah mandi. Ini baik untuk anak dengan rambut panjang atau rambut yang mudah kusut. Gunakan sisir bergigi jarang pada rambut lembab. Potong kuku jari tangan dan kaki bila diperlukan.

No comments:

Post a Comment

jangan komen yang aneh-aneh