9/10/2018

Gizi dan Diet macam vitamin serta defenisi fungsi penyebab dan efek samping



Gizi dan Diet
 macam vitamin serta defenisi fungsi penyebab dan efek samping”
Defenisi , efek samping, dan fungsi penyebab dari vitamin A, B, C, D, E, dan K
1.      Vitamin   A

Vitamin A adalah nutrisi penting bagi tubuh khususnya untuk menjaga kesehatan mata agar ketika melihat tetap jernih.
Vitamin A merupakan salah satu jenis vitamin yang sifatnya akan melarut jika dicampur dengan lemak. Retinol, retinil palmitat, dan retinil asetat merupakan beberapa senyawa yang digolongkan sebagai vitamin A, jadi banyak orang yang menyebut vitamin A dengan senyawa yang termasuk golongannya tersebut.
A.    Makanan Sumber Vitamin A
Sumber Vitamin A

Banyak buah dan sayur yang menyimpan banyak vitamin A. Mungkin Anda tak sadar ketika mengkonsumsi buah atau sayuran yang mengandung vitamin A ini, tapi percayalah bahwa Anda sering mengkonsumsinya.

Untuk mengenal lebih jauh darimana saja makanan yang menjadi sumber vitamin A yang bisa dilihat sebagai berikut:

1.
Buah naga

Buah unik yang satu ini adalah salah satu buah yang kaya akan vitamin A dan sarat beta karoten yang sangat baik untuk memelihara daya lihat mata.

2. Buah apel

Pasti Anda tak asing dengan buah ini, banyak sekali makanan olahan dari
buah apel dengan
tujuan utama berinovasi dan pastinya membuat peminat lebih menikmati buah ini meski telah dirubah menjadi berbagai olahan.

3. Buah Anggur

Buah manis dengan banyak varian warna ini juga mengandung vitamin A melimpah yang dibutuhkan oleh mata agar terhindari dari penyakit katarak dan degenerasi makula.

4. Wortel

SUDAH PASTI. Orang yang awam dengan kesehatan pun tahu kalau
wortel mengantongi segudang manfaat untuk mata. Selain menjaga mata tetap sehat ternyata wortel juga bisa membuat warna mata menjadi lebih jernih, jadi tak heran jika kelinci memiliki warna mata yang mempesona.

5. Buah mangga

Mangga yang sudah matang biasanya berwarna orange mencolok,
buah mangga yang sudah seperti ini memiliki kandungan vitamin A cukup banyak. Beda dengan yang masih muda berwana kuning kehijauan yang rasanya asam dan biasanya dikonsumsi ibu-ibu dengan menjadikannya rujak.

6. Sayur bayam

Jenis sayuran hijau memiliki kandungan vitamin A dan beta karoten yang mencukupi kebutuhan mata agar tetap sehat. Selain nutrisi tersebut, sayur bayam juga menutrisi mata dengan bantuan lutein dan zeaxathin.

7. Paprika

Tubuh akan memperoleh vitamin A sekitar 60% dari satu sendok makan paprika. Selain itu, vitamin A juga merupakan sumber
vitamin C, kalium, dan kalsium.

8. Kemangi kering

Kemangi bisa digunakan untuk menghilangkan bau badan, namun bukan kandungan vitamin A yang membantunya karena nutrisi ini sudah diambil oleh mata untuk memelihara kesehatannya sendiri.
b. Fungsi Vitamin A Bagi Kesehatan Tubuh
Adapun manfaat dari vitamin A yang melengkapi kesehatan tubuh, berikut ini misalnya:

#Peranan vitamin A untuk mata

Vitamin A sangat berperan penting bagi kesehatan mata, transkripsi gen, memperkuat sistem imun tubuh, dan menjaga kesehatan kulit. Cara kerja vitamin A membantu mata dalam menangkap objek yang dilihat adalah dengan mengkonversi sinyal molekul dari sinar yang diterima oleh retina sehingga terbentuk sebuah proyeksi gambar di otak kita sehingga kita bisa mengenal apa objek yang kita lihat.

#Peranan vitamin A untuk imunitas

Selain mata, vitamin A juga berperan penting untuk memproteksi tubuh dari serangan organisme asing yang bisa mempengaruhi sistem imun, seperti bakteri patogen. Mekanisme pertahan ini termasuk ke dalam sistem imun yang berasal dari luar tubuh. Vitamin A akan memperbaiki dan meningkatkan aktivitas sel darah putih dan antibodi dalam tubuh sehingga tubuh menjadi lebih resisten terhadap racun ataupun mikroorganisme parasit.

Sekarang Anda pasti akan lebih semangat untuk mengkonsumsi semua jenis makanan yang kaya vitamin A karena fungsinya sangat baik untuk menjernihkan mata dan memperkuat sistem imun.

c. Tanda-tanda Kekurangan Vitamin A

Pernah dengar berat bayi lahir rendah? Pasti pernah kan. Nah, berat bayi lahir rendah yang terjadi dapat memunculkan adanya kekurangan vitamin A. Karena bayi dengan berat rendah, dimana berat badan bayi kurang dari 2,5 Kg lebih mudah terancam kekurangan vitamin A. Pada perkembangan umurnya jika sang bayi tidak segera ditangani mendapatkan asupan vitamin A, penyakit seperti rabun senja, xerosis kornea akan dideritanya.

Penyakit lain seperti penyakit paru-paru autoimun dan ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut). Penyakit paru ini akibat kurangnya berbagai vitamin termasuk vitamin A. Biasanya penyakit autonium pada paru-paru ini menyerang orang dewasa yang punya kebiasaan merokok. Namun dapat juga menyerang bayi jika kekurangan asupan vitamin A. Karena menurut tabel defisiensi vitamin, bahwa vitamin A yang memberi pengaruh lebih besar terhadap sel T pada tubuh. Sel T inilah yang berpengaruh pada imunitas tubuh.

d. Penyakit akibat kekurangan Vitamin A

-  Hemeralopia yang timbul karena menurunnya kemampuan sel basilus pada waktu senja
– Bintik bitot (kerusakan pada retina)
– Seroftalmia (kornea mata mengering karena terganggunya kelenjar air mata)
– Keratomalasi (kornea mata rusak sama sekali karena berkurangnya produksi minyak meibom)
– Frinoderma (kulit kaki dan tangan bersisik karena pembentukan epitel kulit terganggu)
– Pendarahan pada selaput usus, ginjal, dan paru-paru karena rusaknya epitel organ
– Proses pertumbuhan terhenti

2.      Vitamin B
Pengertian vitamin B kompleks dan manfaatnya bagi kesehatan.
Vitamin B kompleks adalah 8 vitamin yang larut dalam air dan memainkan peran penting dalam metabolisme sel. Dalam sejarahnya, vitamin pernah diduga hanya mempunyai satu tipe, yaituvitamin B (seperti orang mengenal vitamin C atau vitamin D). Penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa komposisi kimia didalamnya membedakan vitamin ini satu sama lain dan terlihat dalam contohnya dalam beberapa makanan. Suplemen yang mengandung ke-8 tipe ini disebut sebagai vitamin B kompleks. Masing-masing tipe vitamin B suplemen mempunyai nama masing-masing (contoh; B1, B2, B3).

a.      Daftar Jenis Vitamin B
  1. Vitamin B1 (tiamin)
  2. Vitamin B2 (riboflavin)
  3. Vitamin B3,(niasin, termasuk asam nikotinat dan nikotinamida)
  4. Vitamin B5 (asam pantotenat)
  5. Vitamin B6 (piridoksin)
  6. Vitamin B7, juga dikenal sebagai vitamin H (biotin)
  7. Vitamin B9, juga dikenal sebagai vitamin M dan vitamin B-c (asam folat)
  8. Vitamin B12 (kobalamin)
b.      Manfaat vitamin B
a.       Meningkatkan energy
b.      Membantu metabolism tubuh
c.       Meningkatkan fungsi otak
d.      Menjaga sisitim saraf
e.       Mencegah penuaan dini
f.        Menurunkan kadar kolesterol
g.      Menjaga kehamilan

C, Sumber vitamin B kompleks

Dibawah ini adalah makanan sumber vitamin B kompleks
Asparagus, alpukat, pisang, kacang hitam, hati sapi, kacang mete, sereal, ayam, cabai, produk susu, telur, daging domba, lentil, susu saoi/kambing, jamur, papaya, kentang, ikan salmon, sarden, udang, bayam, tomat, tempe, ubi dan yogurt.


d.      Gejala Kekurangan Vitamin B12

Kekurangan atau defisiensi vitamin B12 dalam tingkatan yang ringan akan menyebabkan gejala ringan atau mungkin tidak dirasakan. Namun jika diabaikan kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan gejala:
  • Lemah dan lekas lelah
  • Pusing
  • Denyut jantung dan pernapasan cepat (dapat terjadi sesak terutama setelah berolahraga)
  • Kulit pucat (kuning)
  • Kesulitan berkonsentrasi atau sulit mengingat sesuatu
  • Mudah memar atau berdarah, termasuk gusi dapat mengalami perdarahan
  • Berat badan menurun
  • Diare atau konstipasi
  • Nyeri sendi
Pada kasus kekurangan vitamin B12 yang berat, penderita dapat mengalami:
  • Kebingungan, halusinasi dan depresi
  • Kesulitan berjalan (hilang keseimbangan)
  • Mati rasa atau kesemutan pada kaki atau tangan
  • Inkontinensia (tidak mampu mengontrol kemih)
  • Hipotensi (tekanan darah rendah)
  • Gangguan penglihatan
  • Demensia
  • Psikosis (kondisi pikiran abnormal). 
Kekurangan vitamin B12 juga dapat meningkatkan risiko infertilitas dan sedikit keterkaitan dengan peningkatan risiko kanker.

e.       Penyebab Kekurangan Vitamin B12

Kekurangan vitamin B12 dapat terjadi jika Anda mengalami salah satu dari beberapa kondisi di bawah ini:
  • Berusia diatas 50 tahun (wanita lebih sering).
  • Gastritis atropi (lapisan perut yang menipis).
  • Anemia pernisiosa, yakni tubuh kesulitan menyerap vitamin B12.
  • Pembedahan yang menghilangkan atau mengangkat bagian dari perut atau usus kecil, termasuk pembedahan untuk menurunkan berat badan.
  • Penyakit yang mempengaruhi usus kecil, seperti penyakti Crohn, penyakti celiac, pertumbuhan bakteri atau parasit.
  • Kebiasaan minum alkohol.
  • Gangguan sistem kekebalan tubuh, seperti penyakit Graves' atau lupus.
Menggunakan beberapa jenis obat-obatan juga dapat menyebabkan kekurangan vitamin B12, seperti metformin (obat diabetes), colchicine, neomycin, beberapa jenis antikonvulsan yang digunakan untuk mengobati epilepsi, dan obat penetral asam seperti antasida (obat maag) karena asam lambung juga diperlukan dalam penyerapan vitamin B12.
Selain itu, seorang vegetarian, yang mana tidak mengonsumsi makanan hewani, juga berisiko tinggi kekurangan vitamin B12, karena vitamin B12 tidak ditemukan dalam buah dan sayuran. Bayi yang lahir dari seorang ibu vegetarian juga mungkin kekurangan vitamin B12. Sedangkan bagi orang yang berusia lebih dari 50 tahun, produksi asam lambung mereka juga menurun sehingga menyebabkan menurunnya tingkat penyerapan vitamin B12.

f.        Pengobatan Kekurangan Vitamin B12

Pengobatan kekurangan vitamin B12 akan tergantung dari penyebabnya. Dan tujuan pengobatannya adalah untuk meningkatkan kadar vitamin B12 dalam tubuh.

Jika kekurangan vitamin B12 terjadi karena anemia pernisiosa atau masalah dalam penyerapan vitamin B12, penderita harus mendapatkan vitamin B12 pengganti, biasanya dilakukan dengan suntikan vitamin B12 (hydroxocobalamin). Pada tahap awal pengobatan biasanya suntikan dilakukan 6 kali dalam satu bulan, kemudian 1 atau 3 bulan sekali tergantung tingkat keparahan.

Jika kekurangan vitamin B12 disebabkan karena Anda seorang vegetarian atau tidak mengonsumsi makanan hewani, maka pola makan Anda harus diubah atau dengan mengonsumsi suplemen vitamin B12 (cyanocobalamin).

Pada umumnya, pengobatan untuk kekurangan vitamin B12 cukup gampang dan efektif. Meskipun mudah ditangani, namun jangan sampai Anda mengabaikannya karena dapat menyebabkan kerusakan saraf permanen jika tidak segera diatasi setelah 6 bulan sejak gejala dimulai.

g. Mencegah Kekurangan Vitamin B12

Rata-rata kebutuhan harian B12 untuk orang dewasa adalah 2,4 mikrogram. Dan seperti kebanyakan vitamin, vitamin B12 tidak dapat diproduksi oleh tubuh, vitamin ini hanya bisa didapat dari makanan atau suplemen. Jika pola makan Anda sehat dan tidak memiliki suatu kondisi yang dapat mempengaruhi penyerapan vitamin B12, maka tidak mungkin Anda kekurangan vitamin B12.

Jika Anda seorang vegetarian atau karena alasan tertentu tidak dapat mengonsumsi makanan hewani, seperti daging, unggas, makanan laut, susu dan telur atau memiliki kondisi atau penyakit tertentu yang membuat tubuh kesulitan menyerap vitamin B12, maka dapat diatasi dengan mengonsumsi makanan yang sudah diperkaya dengan vitamin B12.
3.      Vitamin C
Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang dapat larut dalam air dan tidak dapat larut dalam minyak dan zat pelarut lemak. Vitamin C mulai dikenal setelah dapat dipisahkan atau disolasi dari air jeruk pada tahun 1928. Albert Szent-Györgyi menerima penghargaan Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran pada tahun 1937 untuk penemuan ini.
Vitamin ini dikenal juga dengan nama kimianya sebagai asam askorbat. Vitamin ini merupakan zat yang dapat mencegah sariawan. Sebagai antioksidan, Vitamin C mampu menetralkan radikal bebas yang terdapat pada tubuh, sehingga dapat menghindari dampak buruk dari adanya radikal bebas.
Vitamin C merupakan suatu asam organik yang berbentuk kristal putih dan terasa asam dan tidak berbau. Di dalam larutan Vitamin C mudah rusak akibat teroksidasi oleh oksigen dari udara. Vitamin ini menjadi lebih stabil bila dalam bentuk kristal kering.
Penyakit yang ditimbulkan oleh kondisi defisiensi atau kekurangan vitamin C disebut dengan skorbut. Defisiensi ini dapat menyebabkan terjadinya Kerusakan pada  jaringan yang terdapat di dalam rongga mulut, di tulang, dan gigi. Selain itu dapat pula menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah kapiler dan jaringan tulang.
a.      Fungsi Manfaat Vitamin C Bagi Kesehatan Tubuh
Fungsi Vitamin C di dalam tubuh berkaitan dengan sifat alamiahnya yaitu sebagai antioksidan. Vitamin C berperan serta dalam banyak proses metabolisme yang berlangsung pada tubuh. Fungsi fisiologis yang telah diketahui membutuhkan Vitamin C adalah:
  • Berperan dalam menjaga Kesehatan subtansi matrik jaringan ikat
  • Integritas epitel melaui kesehatan zat perekat antar sel
  • Meningkatkan Mekanisme immunisasi atau  peningkatan daya tahan tubuh terhadap berbagai serangan penyakit dan toksin
  • Berperan dalam menjaga Kesehatan epithel pembuluh darah
  • Membantu dalam Penurunan kadar kholesteral,
  • Membantu pertumbuhan tulang dan gigi.


b.      Sumber Vitamin C
Untuk dapat memenuhi kebutuhan vitamin C bisa diperoleh dengan mengonsumsi beraneka buah dan sayur seperti jeruk, tomat, arbei, stroberi, asparagus, kol, susu, mentega, kentang, ikan, dan hati
Sumber Vitamin C  terutama  terdapat pada  buah-buahan segar. Sedangkan Sayuran segar mengadung Vitamin C dalam jumlah sedang. Vitamin C ditemukan dalam jumlah yang sangat tinggi Pada kulit buah. Agak lebih rendah pada daging buah dan lebih rendah lagi di dalam bijihnya.
Buah jambu batu merupakan sumber bahan makanan yang mengandung Vitamin C cukup tunggi. Buah ini mengandung 302 mg Vitamin C dalam 100 gramnya. Cabai hijau merupakan salah satu jenis sayuran yang menjadi sumber Vitamin C. Dalam 100 gram cabai hijau terdapat sekitar 120 miligram Vitamin C.
Jeruk nipis hanya mengadung sekitar 27 miligram Vitamin C, sedangkan Jeruk lemon mengadung hampir dua kalinya yaitu sekitar 50 miligram pada 100 gram jeruk.
Dalam 100 gram tomat terkandung sekitar 23 miligram Vitamin C, sedangkan dalam Seratus gram Kacang-kacangan  segar hanya mengadung sekitar 19 miligram Vitamin C.
4.      Vitamin D
 Vitamin D atau Kalsiferol memiliki sifat yang sama dengan vitamin A dan Vitamin E yaitu mudah larut dalam lemak, dan persamaan lain antara vitamin-vitamin ini adalah masih tergabung dalam vitamin B kompleks. Kalisferol dalam tubuh berperan sebagai alat untuk membentuk struktur tulang dan gigi disamping fungsi kalsium. Vitamin D ini sangat mudah untuk didapatkan, caranya cukup dengan membuat tubuh terkena cahaya matahari pagi.

a.      Makanan yang Mengandung Sumber Vitamin D

Vitamin D
Berikut ini telah saya pilih beberapa macam makanan yang bisa Anda konsumsi untuk memenuhi asupan gizi berupa vitamin D bagi tubuh:

1. Minyak ikan cod

Minyak dari ikan cod banyak dijadikan vitamin. Namun sayangnya jika ditargetkan untuk anaj-anaj biasanya sudah diberi perasa
jeruk atau stroberi, karena anak-anak pasti tidak akan tahan dengan aromanya yang aneh. Sebenarnya, pada satu sendok makan minyak ikan cod yang belum diolah dan dicampur dengan bahan lain memberikan 1360 IU kandaungan vitamin D atau 340% kebutuhan gizi harian kita.

2. Susu

Selain menjadi penyedia kalsium yang dibutuhkan oleh tulang susu juga mengandung vitamin D sebanyak 98 IU dalam satu gelasnya (25% kebutuhan gizi harian berupa vitamin D untuk tubuh).

3. Udang

Seafood ini menjadi sumber vitamin D ketiga setelah minyak ikan cod dan ikan tuna. Sekitar 129 IU vitamin D tersimpan dalam 85 gram udang yang bisa Anda telan sehari tiga kali atau memenuhi kebutuhan gizi berupa vitamin D sebanyak 32%.

4. Tuna kalengan

Menjadi penyedia vitamin D kedua setelah minyak ikan cod dan udang yang masih termasuk makanan laut. Sekitar 200 IU vitamin D tertempel di setiap 85 gram ikan tuna yang sudah dijadikan kalengan atau sekitar 50% kebutuhan kalisferol harian.
5. Sereal

Makanan ini sangat cocok dijadikan pengganjal perut sebelum mengikuti rapat atau apel pagi di kantor. Kandugnan vitamin D didalamnya adalah 40 IU setiap segelas sereal atau 10% dari kebutuhan harian Anda.
b.      Fungsi Vitamin D Bagi Tubuh

Setelah Anda tahu mana saja makanan yang menjadi penyedia vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh, sekarang mari kenalan dengan fungsi vitamin ini didalam tubuh. Berikut ini peranannya untuk menunjang kesehatan kita:

# Memelihara Kesehatan Tulang

       Vitamin D dalam tubuh berkolaborasi dengan vitamin-vitamin lain untuk memelihara kondisi tulang agar tak mudah keropos dan tetap terjaga proses pembentukannya. Sebenarnya fungsi utama dari vitamin D bagi tulang adalah untuk mengeraskan tulang dengan cara mengatur kalsium dan fosfor dalam tubuh yang nantinya akan diendapkan pada proses pengerasan tulang.
# Menjaga Kesehatan Kulit
       Lain halnya dengan tulang yang keras, bagi kecantikan vitamin D juga mempunyai peran tersendiri dalam tubuh. Yaitu sebagai alat yang bisa diproduksi oleh tubuh untuk memperbaiki sel kulit yang rusak dan meregenerasi sel-sel kulit mati. Bagi yang ingin awet muda juga bisa dengan konsumsi makanan-makanan sumber vitamin D tadi.

5.      Vitamin E
      Vitamin E atau tokoferol merupakan vitamin yang larut dalam lemak, bersifat antioksidan dan dapat menghancurkan radikal bebas, yaitu senyawa berbahaya dalam tubuh yang merusak DNA (bahan genetik) dan bahkan menyebabkan kematian sel. Sebagai vitamin esensial, vitamin E tidak dapat diproduksi oleh tubuh sehingga kita harus mendapatkannya dari makanan.

a. sumber vitamin E
      Anda bisa mendapatkan sumber vitamin E alami pada buah-buahan, kecambah, susu, telur, sayur-sayuran. Contoh sayuran yang paling banyak mengandung vitamin E adalah kacang-kacangan, asparagus, pisang, strawberry, biji bunga matahari, buncis, ubi jalar, dan sayuran berwarna hijau. Selain dari makanan, Anda juga bisa mendapatkan tambahan vitamin E dalam bentuk suplementasi untuk membantu memenuhi kebutuhan vitamin E Anda.

b.Manfaat Vitamin E
Vitamin E memiliki beragam manfaat bagi kesehatan Anda, di antaranya adalah:
  • Vitamin E adalah antioksidan kuat yang melindungi sel-sel dalam tubuh dari kerusakan yang disebabkan radikal bebas. Radikal bebas dapat memicu penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.
  • Vitamin E adalah produk kecantikan alami yang paling efektif. Vitamin E banyak ditambahkan pada produk kecantikan kulit, seperti pelembab, bedak, lotion dan sebagainya.
  • Penelitian juga menunjukkan bahwa vitamin E dapat mencegah kanker seperti kanker payudara dan kanker prostat.

c. Dampak Kekurangan Vitamin E
Kekurangan vitamin bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan seperti:
Ø  gangguan sistem reproduksi dan infertilitas
Ø  menurunnya fungsi sel darah merah
Ø  gangguan penglihatan seperti katarak
Ø  gangguan neurologis
Ø  kelainan fungsi otak ,otot dan sumsum tulang belakang
Ø  kelainan kulit

       Secara umum kekurangan vitamin E terjadi jika Anda menjalani diet yang salah dalam waktu yang lama. Biasanya, diet yang salah adalah dengan mengurangi waktu makan atau bahkan tidak makan sama sekali dalam sehari. Hal inilah yang menyebabkan tubuh kekurangan asupan nutrisi, termasuk vitamin E. Oleh karena itu, jaga selalu kebutuhan vitamin E harian Anda untuk menjaga kesehatan Anda dan keluarga Anda.
        Vitamin K merupakan vitamin yang bersifat tahan panas namun vitamin ini akan segera rusak  apabila rusak terdapat senyawa asaam basa sinar matahari. Vitamin K ini termasuk dalam vitamin yang tidak dapat larut dalam air namun vitamin ini hanya dapat larut ke dalam jaringan lemak dan banyak terdapat dibagian jaraingan perut. Dalam tubuh manusia vitamin K dibutuhkan untuk mengaktivasi protrombin dengan reaksi karboksilasi gugus glu pada residu protein prekursornya. Asam glutamate yang mengalami reaksi karboksilasi akan berubah menjadi asam karboksiglutamat gamma.
d.Fungsi Vitamin K Untuk Kesehatan Tubuh
    1. Mengontrol Pembekuan Darah
      Karena salah satu fungsi Vitamin K dalam tubuh yaitu untuk membantu dalam peroduksi prothrombin, yakni suatu protein plasma yang diproduksi di hati dan diubah menjadi trombin yang sangat penting untuk pembekuan darah sehingga jika kita kekurangan vitamin k ini makan kita bisa kehabisaan darah saat tubuh kita terluka.
    2. Menurunkan Resiko Penyakit Osteoporosis
      Vitamin K ini akan membantu senyawa osteokalsin yang berperan dalam penyerapan mineral untuk membentuk struktur mineral yang kuat. sehingga dapat menurunkan  resiko terkena osteoporosis yakni suatu kondisi dimana tulang menjadi lemah dan rapuh dan biasanya para ibu-ibu yang sudah lanjut usia yang terserang prnyakit ini, sehingga untuk menghindari penyakit ini menyerang kita dimasa tua kita harus belajar untuk mengonsumsi makanan yang banyak mrngandung Vitamin K ini.
    3. Mencegah Kalsium Berlebihan
      selain lemak yang bisa mengeras ,pembuluh darah jugabisa mengeras dengan penumpukan kalsium,kondisi inilah yang dikenal dengan kalsifikasi, dan vitamin K ini mempunyai fungsi untuk mencegah terjadinya kalsifikasi ini yang akan mengurangi munculnya penyakit kardiovaskular.
    4. Mengobati Penyakit Diabetes
      Menurut Survai sebuah buku ternama yakni Diabetes Care.Vitamin K ini termasuk kedalam vitamin yang tidak dapat larut dalam air namun vitamin ini hanya dapat larut kedalam jaringan lemak dan banyak terdapat dibagian jaringan perut dalam tubuh manusia dapat mengurangi risiko resistensi insulin sehingga membantu melawan diabetes.Melalui mekanisme yang sama, vitamin K dapat memperlambat proses pembentukan sel kanker di hati dan paru-paru.

EFEK SAMPING ;
Ditegaskan, mengkonsumsi vitamin tidak ada efek sampingnya, kecuali bila dimakan secara berlebihan 
  1. Vitamin B, C larut dalam air, sehingga apabila terdapat jumlah yang berlebihan akan dikeluarkan.
  2. Namun Vitamin A, D, E dan K larut dalam lemak,  sehingga jumlah yang berlebihan akan disimpan dalam tubuh dan akan menyebabkan keracunan).
Vitamin A yang berlebihan menyebabkan
  • Penumpukan kalsium dalam otot, penglihatan kabur, rambut rontok dan kulit kering/kuning.
  • Menyebabkan sakit kepaladan gangguan pada sendi. Bahkan pada tingat yang sangat berat, kelebihan vitamin A dapat menyebabkan gangguan jiwa.
  • food supplement yang mengandung vitamin A,D,E,dan K, apabila diminum secara berlebihan dalam jangka panjang akan tertimbun dalam lemak.
Vitamin B kompleks adalah vitamin yang larut dalam air sehingga efek negatifnya lebih kecil,tapi kelebihan vitamin B dapat menyebabkan Mual bila diminum dengan dosis berlebihan.
Jangan minum vitamin B6 lebih dari 200mg per hari. Dosis di atas 2.000 mg sehari dapat mengakibatkan kerusakan otak.
Kelompok vitamin B mempunyai fungsi yang saling berhubungan. Apabila minum 1-2 jenis vitamin B secara berlebihan mungkin bisa menyebabkan gangguan keseimbangan hubungan tersebut, sehingga justru menyebabkan kekurangan vitamin B jenis lain

Kelebihan vitamin C akan dibuang melalui air seni. Meski demikian, berlebihan mengkonsumsi vitamin C membuat kontraksi usus lebih terangsang dan menyebabkan diare.
Vitamin D yang berlebihan menyebabkan Perubahan tulang, kegagalan pertumbuhan pada anak dan merusak ginjal dan hati.
Penumpukan kalsium dalam otot/organ tubuh, 
  • Kalsium/ Natrium yang berlebihan akan menyebabkan
  • Penumpukan zat kalsium dalam otot/organ tubuh, batu/kegagalan ginjal dan arthritis (penyakit persendian). 
  • Menyebabkan perubahan dalam tekanan darah/ritme jantung dan kerusakan syaraf/ginjal













Defenisi , efek samping, dan fungsi penyebab dari vitamin A, B, C, D, E, dan K
1.      Vitamin   A

Vitamin A adalah nutrisi penting bagi tubuh khususnya untuk menjaga kesehatan mata agar ketika melihat tetap jernih.
Vitamin A merupakan salah satu jenis vitamin yang sifatnya akan melarut jika dicampur dengan lemak. Retinol, retinil palmitat, dan retinil asetat merupakan beberapa senyawa yang digolongkan sebagai vitamin A, jadi banyak orang yang menyebut vitamin A dengan senyawa yang termasuk golongannya tersebut.
A.    Makanan Sumber Vitamin A
Sumber Vitamin A

Banyak buah dan sayur yang menyimpan banyak vitamin A. Mungkin Anda tak sadar ketika mengkonsumsi buah atau sayuran yang mengandung vitamin A ini, tapi percayalah bahwa Anda sering mengkonsumsinya.

Untuk mengenal lebih jauh darimana saja makanan yang menjadi sumber vitamin A yang bisa dilihat sebagai berikut:

1.
Buah naga

Buah unik yang satu ini adalah salah satu buah yang kaya akan vitamin A dan sarat beta karoten yang sangat baik untuk memelihara daya lihat mata.

2. Buah apel

Pasti Anda tak asing dengan buah ini, banyak sekali makanan olahan dari
buah apel dengan
tujuan utama berinovasi dan pastinya membuat peminat lebih menikmati buah ini meski telah dirubah menjadi berbagai olahan.

3. Buah Anggur

Buah manis dengan banyak varian warna ini juga mengandung vitamin A melimpah yang dibutuhkan oleh mata agar terhindari dari penyakit katarak dan degenerasi makula.

4. Wortel

SUDAH PASTI. Orang yang awam dengan kesehatan pun tahu kalau
wortel mengantongi segudang manfaat untuk mata. Selain menjaga mata tetap sehat ternyata wortel juga bisa membuat warna mata menjadi lebih jernih, jadi tak heran jika kelinci memiliki warna mata yang mempesona.

5. Buah mangga

Mangga yang sudah matang biasanya berwarna orange mencolok,
buah mangga yang sudah seperti ini memiliki kandungan vitamin A cukup banyak. Beda dengan yang masih muda berwana kuning kehijauan yang rasanya asam dan biasanya dikonsumsi ibu-ibu dengan menjadikannya rujak.

6. Sayur bayam

Jenis sayuran hijau memiliki kandungan vitamin A dan beta karoten yang mencukupi kebutuhan mata agar tetap sehat. Selain nutrisi tersebut, sayur bayam juga menutrisi mata dengan bantuan lutein dan zeaxathin.

7. Paprika

Tubuh akan memperoleh vitamin A sekitar 60% dari satu sendok makan paprika. Selain itu, vitamin A juga merupakan sumber
vitamin C, kalium, dan kalsium.

8. Kemangi kering

Kemangi bisa digunakan untuk menghilangkan bau badan, namun bukan kandungan vitamin A yang membantunya karena nutrisi ini sudah diambil oleh mata untuk memelihara kesehatannya sendiri.
b. Fungsi Vitamin A Bagi Kesehatan Tubuh
Adapun manfaat dari vitamin A yang melengkapi kesehatan tubuh, berikut ini misalnya:

#Peranan vitamin A untuk mata

Vitamin A sangat berperan penting bagi kesehatan mata, transkripsi gen, memperkuat sistem imun tubuh, dan menjaga kesehatan kulit. Cara kerja vitamin A membantu mata dalam menangkap objek yang dilihat adalah dengan mengkonversi sinyal molekul dari sinar yang diterima oleh retina sehingga terbentuk sebuah proyeksi gambar di otak kita sehingga kita bisa mengenal apa objek yang kita lihat.

#Peranan vitamin A untuk imunitas

Selain mata, vitamin A juga berperan penting untuk memproteksi tubuh dari serangan organisme asing yang bisa mempengaruhi sistem imun, seperti bakteri patogen. Mekanisme pertahan ini termasuk ke dalam sistem imun yang berasal dari luar tubuh. Vitamin A akan memperbaiki dan meningkatkan aktivitas sel darah putih dan antibodi dalam tubuh sehingga tubuh menjadi lebih resisten terhadap racun ataupun mikroorganisme parasit.

Sekarang Anda pasti akan lebih semangat untuk mengkonsumsi semua jenis makanan yang kaya vitamin A karena fungsinya sangat baik untuk menjernihkan mata dan memperkuat sistem imun.

c. Tanda-tanda Kekurangan Vitamin A

Pernah dengar berat bayi lahir rendah? Pasti pernah kan. Nah, berat bayi lahir rendah yang terjadi dapat memunculkan adanya kekurangan vitamin A. Karena bayi dengan berat rendah, dimana berat badan bayi kurang dari 2,5 Kg lebih mudah terancam kekurangan vitamin A. Pada perkembangan umurnya jika sang bayi tidak segera ditangani mendapatkan asupan vitamin A, penyakit seperti rabun senja, xerosis kornea akan dideritanya.

Penyakit lain seperti penyakit paru-paru autoimun dan ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut). Penyakit paru ini akibat kurangnya berbagai vitamin termasuk vitamin A. Biasanya penyakit autonium pada paru-paru ini menyerang orang dewasa yang punya kebiasaan merokok. Namun dapat juga menyerang bayi jika kekurangan asupan vitamin A. Karena menurut tabel defisiensi vitamin, bahwa vitamin A yang memberi pengaruh lebih besar terhadap sel T pada tubuh. Sel T inilah yang berpengaruh pada imunitas tubuh.

d. Penyakit akibat kekurangan Vitamin A

-  Hemeralopia yang timbul karena menurunnya kemampuan sel basilus pada waktu senja
– Bintik bitot (kerusakan pada retina)
– Seroftalmia (kornea mata mengering karena terganggunya kelenjar air mata)
– Keratomalasi (kornea mata rusak sama sekali karena berkurangnya produksi minyak meibom)
– Frinoderma (kulit kaki dan tangan bersisik karena pembentukan epitel kulit terganggu)
– Pendarahan pada selaput usus, ginjal, dan paru-paru karena rusaknya epitel organ
– Proses pertumbuhan terhenti

2.      Vitamin B
Pengertian vitamin B kompleks dan manfaatnya bagi kesehatan.
Vitamin B kompleks adalah 8 vitamin yang larut dalam air dan memainkan peran penting dalam metabolisme sel. Dalam sejarahnya, vitamin pernah diduga hanya mempunyai satu tipe, yaituvitamin B (seperti orang mengenal vitamin C atau vitamin D). Penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa komposisi kimia didalamnya membedakan vitamin ini satu sama lain dan terlihat dalam contohnya dalam beberapa makanan. Suplemen yang mengandung ke-8 tipe ini disebut sebagai vitamin B kompleks. Masing-masing tipe vitamin B suplemen mempunyai nama masing-masing (contoh; B1, B2, B3).

a.      Daftar Jenis Vitamin B
  1. Vitamin B1 (tiamin)
  2. Vitamin B2 (riboflavin)
  3. Vitamin B3,(niasin, termasuk asam nikotinat dan nikotinamida)
  4. Vitamin B5 (asam pantotenat)
  5. Vitamin B6 (piridoksin)
  6. Vitamin B7, juga dikenal sebagai vitamin H (biotin)
  7. Vitamin B9, juga dikenal sebagai vitamin M dan vitamin B-c (asam folat)
  8. Vitamin B12 (kobalamin)
b.      Manfaat vitamin B
a.       Meningkatkan energy
b.      Membantu metabolism tubuh
c.       Meningkatkan fungsi otak
d.      Menjaga sisitim saraf
e.       Mencegah penuaan dini
f.        Menurunkan kadar kolesterol
g.      Menjaga kehamilan

C, Sumber vitamin B kompleks

Dibawah ini adalah makanan sumber vitamin B kompleks
Asparagus, alpukat, pisang, kacang hitam, hati sapi, kacang mete, sereal, ayam, cabai, produk susu, telur, daging domba, lentil, susu saoi/kambing, jamur, papaya, kentang, ikan salmon, sarden, udang, bayam, tomat, tempe, ubi dan yogurt.


d.      Gejala Kekurangan Vitamin B12

Kekurangan atau defisiensi vitamin B12 dalam tingkatan yang ringan akan menyebabkan gejala ringan atau mungkin tidak dirasakan. Namun jika diabaikan kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan gejala:
  • Lemah dan lekas lelah
  • Pusing
  • Denyut jantung dan pernapasan cepat (dapat terjadi sesak terutama setelah berolahraga)
  • Kulit pucat (kuning)
  • Kesulitan berkonsentrasi atau sulit mengingat sesuatu
  • Mudah memar atau berdarah, termasuk gusi dapat mengalami perdarahan
  • Berat badan menurun
  • Diare atau konstipasi
  • Nyeri sendi
Pada kasus kekurangan vitamin B12 yang berat, penderita dapat mengalami:
  • Kebingungan, halusinasi dan depresi
  • Kesulitan berjalan (hilang keseimbangan)
  • Mati rasa atau kesemutan pada kaki atau tangan
  • Inkontinensia (tidak mampu mengontrol kemih)
  • Hipotensi (tekanan darah rendah)
  • Gangguan penglihatan
  • Demensia
  • Psikosis (kondisi pikiran abnormal). 
Kekurangan vitamin B12 juga dapat meningkatkan risiko infertilitas dan sedikit keterkaitan dengan peningkatan risiko kanker.

e.       Penyebab Kekurangan Vitamin B12

Kekurangan vitamin B12 dapat terjadi jika Anda mengalami salah satu dari beberapa kondisi di bawah ini:
  • Berusia diatas 50 tahun (wanita lebih sering).
  • Gastritis atropi (lapisan perut yang menipis).
  • Anemia pernisiosa, yakni tubuh kesulitan menyerap vitamin B12.
  • Pembedahan yang menghilangkan atau mengangkat bagian dari perut atau usus kecil, termasuk pembedahan untuk menurunkan berat badan.
  • Penyakit yang mempengaruhi usus kecil, seperti penyakti Crohn, penyakti celiac, pertumbuhan bakteri atau parasit.
  • Kebiasaan minum alkohol.
  • Gangguan sistem kekebalan tubuh, seperti penyakit Graves' atau lupus.
Menggunakan beberapa jenis obat-obatan juga dapat menyebabkan kekurangan vitamin B12, seperti metformin (obat diabetes), colchicine, neomycin, beberapa jenis antikonvulsan yang digunakan untuk mengobati epilepsi, dan obat penetral asam seperti antasida (obat maag) karena asam lambung juga diperlukan dalam penyerapan vitamin B12.
Selain itu, seorang vegetarian, yang mana tidak mengonsumsi makanan hewani, juga berisiko tinggi kekurangan vitamin B12, karena vitamin B12 tidak ditemukan dalam buah dan sayuran. Bayi yang lahir dari seorang ibu vegetarian juga mungkin kekurangan vitamin B12. Sedangkan bagi orang yang berusia lebih dari 50 tahun, produksi asam lambung mereka juga menurun sehingga menyebabkan menurunnya tingkat penyerapan vitamin B12.

f.        Pengobatan Kekurangan Vitamin B12

Pengobatan kekurangan vitamin B12 akan tergantung dari penyebabnya. Dan tujuan pengobatannya adalah untuk meningkatkan kadar vitamin B12 dalam tubuh.

Jika kekurangan vitamin B12 terjadi karena anemia pernisiosa atau masalah dalam penyerapan vitamin B12, penderita harus mendapatkan vitamin B12 pengganti, biasanya dilakukan dengan suntikan vitamin B12 (hydroxocobalamin). Pada tahap awal pengobatan biasanya suntikan dilakukan 6 kali dalam satu bulan, kemudian 1 atau 3 bulan sekali tergantung tingkat keparahan.

Jika kekurangan vitamin B12 disebabkan karena Anda seorang vegetarian atau tidak mengonsumsi makanan hewani, maka pola makan Anda harus diubah atau dengan mengonsumsi suplemen vitamin B12 (cyanocobalamin).

Pada umumnya, pengobatan untuk kekurangan vitamin B12 cukup gampang dan efektif. Meskipun mudah ditangani, namun jangan sampai Anda mengabaikannya karena dapat menyebabkan kerusakan saraf permanen jika tidak segera diatasi setelah 6 bulan sejak gejala dimulai.

g. Mencegah Kekurangan Vitamin B12

Rata-rata kebutuhan harian B12 untuk orang dewasa adalah 2,4 mikrogram. Dan seperti kebanyakan vitamin, vitamin B12 tidak dapat diproduksi oleh tubuh, vitamin ini hanya bisa didapat dari makanan atau suplemen. Jika pola makan Anda sehat dan tidak memiliki suatu kondisi yang dapat mempengaruhi penyerapan vitamin B12, maka tidak mungkin Anda kekurangan vitamin B12.

Jika Anda seorang vegetarian atau karena alasan tertentu tidak dapat mengonsumsi makanan hewani, seperti daging, unggas, makanan laut, susu dan telur atau memiliki kondisi atau penyakit tertentu yang membuat tubuh kesulitan menyerap vitamin B12, maka dapat diatasi dengan mengonsumsi makanan yang sudah diperkaya dengan vitamin B12.
3.      Vitamin C
Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang dapat larut dalam air dan tidak dapat larut dalam minyak dan zat pelarut lemak. Vitamin C mulai dikenal setelah dapat dipisahkan atau disolasi dari air jeruk pada tahun 1928. Albert Szent-Györgyi menerima penghargaan Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran pada tahun 1937 untuk penemuan ini.
Vitamin ini dikenal juga dengan nama kimianya sebagai asam askorbat. Vitamin ini merupakan zat yang dapat mencegah sariawan. Sebagai antioksidan, Vitamin C mampu menetralkan radikal bebas yang terdapat pada tubuh, sehingga dapat menghindari dampak buruk dari adanya radikal bebas.
Vitamin C merupakan suatu asam organik yang berbentuk kristal putih dan terasa asam dan tidak berbau. Di dalam larutan Vitamin C mudah rusak akibat teroksidasi oleh oksigen dari udara. Vitamin ini menjadi lebih stabil bila dalam bentuk kristal kering.
Penyakit yang ditimbulkan oleh kondisi defisiensi atau kekurangan vitamin C disebut dengan skorbut. Defisiensi ini dapat menyebabkan terjadinya Kerusakan pada  jaringan yang terdapat di dalam rongga mulut, di tulang, dan gigi. Selain itu dapat pula menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah kapiler dan jaringan tulang.
a.      Fungsi Manfaat Vitamin C Bagi Kesehatan Tubuh
Fungsi Vitamin C di dalam tubuh berkaitan dengan sifat alamiahnya yaitu sebagai antioksidan. Vitamin C berperan serta dalam banyak proses metabolisme yang berlangsung pada tubuh. Fungsi fisiologis yang telah diketahui membutuhkan Vitamin C adalah:
  • Berperan dalam menjaga Kesehatan subtansi matrik jaringan ikat
  • Integritas epitel melaui kesehatan zat perekat antar sel
  • Meningkatkan Mekanisme immunisasi atau  peningkatan daya tahan tubuh terhadap berbagai serangan penyakit dan toksin
  • Berperan dalam menjaga Kesehatan epithel pembuluh darah
  • Membantu dalam Penurunan kadar kholesteral,
  • Membantu pertumbuhan tulang dan gigi.


b.      Sumber Vitamin C
Untuk dapat memenuhi kebutuhan vitamin C bisa diperoleh dengan mengonsumsi beraneka buah dan sayur seperti jeruk, tomat, arbei, stroberi, asparagus, kol, susu, mentega, kentang, ikan, dan hati
Sumber Vitamin C  terutama  terdapat pada  buah-buahan segar. Sedangkan Sayuran segar mengadung Vitamin C dalam jumlah sedang. Vitamin C ditemukan dalam jumlah yang sangat tinggi Pada kulit buah. Agak lebih rendah pada daging buah dan lebih rendah lagi di dalam bijihnya.
Buah jambu batu merupakan sumber bahan makanan yang mengandung Vitamin C cukup tunggi. Buah ini mengandung 302 mg Vitamin C dalam 100 gramnya. Cabai hijau merupakan salah satu jenis sayuran yang menjadi sumber Vitamin C. Dalam 100 gram cabai hijau terdapat sekitar 120 miligram Vitamin C.
Jeruk nipis hanya mengadung sekitar 27 miligram Vitamin C, sedangkan Jeruk lemon mengadung hampir dua kalinya yaitu sekitar 50 miligram pada 100 gram jeruk.
Dalam 100 gram tomat terkandung sekitar 23 miligram Vitamin C, sedangkan dalam Seratus gram Kacang-kacangan  segar hanya mengadung sekitar 19 miligram Vitamin C.
4.      Vitamin D
 Vitamin D atau Kalsiferol memiliki sifat yang sama dengan vitamin A dan Vitamin E yaitu mudah larut dalam lemak, dan persamaan lain antara vitamin-vitamin ini adalah masih tergabung dalam vitamin B kompleks. Kalisferol dalam tubuh berperan sebagai alat untuk membentuk struktur tulang dan gigi disamping fungsi kalsium. Vitamin D ini sangat mudah untuk didapatkan, caranya cukup dengan membuat tubuh terkena cahaya matahari pagi.

a.      Makanan yang Mengandung Sumber Vitamin D

Vitamin D
Berikut ini telah saya pilih beberapa macam makanan yang bisa Anda konsumsi untuk memenuhi asupan gizi berupa vitamin D bagi tubuh:

1. Minyak ikan cod

Minyak dari ikan cod banyak dijadikan vitamin. Namun sayangnya jika ditargetkan untuk anaj-anaj biasanya sudah diberi perasa
jeruk atau stroberi, karena anak-anak pasti tidak akan tahan dengan aromanya yang aneh. Sebenarnya, pada satu sendok makan minyak ikan cod yang belum diolah dan dicampur dengan bahan lain memberikan 1360 IU kandaungan vitamin D atau 340% kebutuhan gizi harian kita.

2. Susu

Selain menjadi penyedia kalsium yang dibutuhkan oleh tulang susu juga mengandung vitamin D sebanyak 98 IU dalam satu gelasnya (25% kebutuhan gizi harian berupa vitamin D untuk tubuh).

3. Udang

Seafood ini menjadi sumber vitamin D ketiga setelah minyak ikan cod dan ikan tuna. Sekitar 129 IU vitamin D tersimpan dalam 85 gram udang yang bisa Anda telan sehari tiga kali atau memenuhi kebutuhan gizi berupa vitamin D sebanyak 32%.

4. Tuna kalengan

Menjadi penyedia vitamin D kedua setelah minyak ikan cod dan udang yang masih termasuk makanan laut. Sekitar 200 IU vitamin D tertempel di setiap 85 gram ikan tuna yang sudah dijadikan kalengan atau sekitar 50% kebutuhan kalisferol harian.
5. Sereal

Makanan ini sangat cocok dijadikan pengganjal perut sebelum mengikuti rapat atau apel pagi di kantor. Kandugnan vitamin D didalamnya adalah 40 IU setiap segelas sereal atau 10% dari kebutuhan harian Anda.
b.      Fungsi Vitamin D Bagi Tubuh

Setelah Anda tahu mana saja makanan yang menjadi penyedia vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh, sekarang mari kenalan dengan fungsi vitamin ini didalam tubuh. Berikut ini peranannya untuk menunjang kesehatan kita:

# Memelihara Kesehatan Tulang

       Vitamin D dalam tubuh berkolaborasi dengan vitamin-vitamin lain untuk memelihara kondisi tulang agar tak mudah keropos dan tetap terjaga proses pembentukannya. Sebenarnya fungsi utama dari vitamin D bagi tulang adalah untuk mengeraskan tulang dengan cara mengatur kalsium dan fosfor dalam tubuh yang nantinya akan diendapkan pada proses pengerasan tulang.
# Menjaga Kesehatan Kulit
       Lain halnya dengan tulang yang keras, bagi kecantikan vitamin D juga mempunyai peran tersendiri dalam tubuh. Yaitu sebagai alat yang bisa diproduksi oleh tubuh untuk memperbaiki sel kulit yang rusak dan meregenerasi sel-sel kulit mati. Bagi yang ingin awet muda juga bisa dengan konsumsi makanan-makanan sumber vitamin D tadi.

5.      Vitamin E
      Vitamin E atau tokoferol merupakan vitamin yang larut dalam lemak, bersifat antioksidan dan dapat menghancurkan radikal bebas, yaitu senyawa berbahaya dalam tubuh yang merusak DNA (bahan genetik) dan bahkan menyebabkan kematian sel. Sebagai vitamin esensial, vitamin E tidak dapat diproduksi oleh tubuh sehingga kita harus mendapatkannya dari makanan.

a. sumber vitamin E
      Anda bisa mendapatkan sumber vitamin E alami pada buah-buahan, kecambah, susu, telur, sayur-sayuran. Contoh sayuran yang paling banyak mengandung vitamin E adalah kacang-kacangan, asparagus, pisang, strawberry, biji bunga matahari, buncis, ubi jalar, dan sayuran berwarna hijau. Selain dari makanan, Anda juga bisa mendapatkan tambahan vitamin E dalam bentuk suplementasi untuk membantu memenuhi kebutuhan vitamin E Anda.

b.Manfaat Vitamin E
Vitamin E memiliki beragam manfaat bagi kesehatan Anda, di antaranya adalah:
  • Vitamin E adalah antioksidan kuat yang melindungi sel-sel dalam tubuh dari kerusakan yang disebabkan radikal bebas. Radikal bebas dapat memicu penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.
  • Vitamin E adalah produk kecantikan alami yang paling efektif. Vitamin E banyak ditambahkan pada produk kecantikan kulit, seperti pelembab, bedak, lotion dan sebagainya.
  • Penelitian juga menunjukkan bahwa vitamin E dapat mencegah kanker seperti kanker payudara dan kanker prostat.

c. Dampak Kekurangan Vitamin E
Kekurangan vitamin bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan seperti:
Ø  gangguan sistem reproduksi dan infertilitas
Ø  menurunnya fungsi sel darah merah
Ø  gangguan penglihatan seperti katarak
Ø  gangguan neurologis
Ø  kelainan fungsi otak ,otot dan sumsum tulang belakang
Ø  kelainan kulit

       Secara umum kekurangan vitamin E terjadi jika Anda menjalani diet yang salah dalam waktu yang lama. Biasanya, diet yang salah adalah dengan mengurangi waktu makan atau bahkan tidak makan sama sekali dalam sehari. Hal inilah yang menyebabkan tubuh kekurangan asupan nutrisi, termasuk vitamin E. Oleh karena itu, jaga selalu kebutuhan vitamin E harian Anda untuk menjaga kesehatan Anda dan keluarga Anda.
        Vitamin K merupakan vitamin yang bersifat tahan panas namun vitamin ini akan segera rusak  apabila rusak terdapat senyawa asaam basa sinar matahari. Vitamin K ini termasuk dalam vitamin yang tidak dapat larut dalam air namun vitamin ini hanya dapat larut ke dalam jaringan lemak dan banyak terdapat dibagian jaraingan perut. Dalam tubuh manusia vitamin K dibutuhkan untuk mengaktivasi protrombin dengan reaksi karboksilasi gugus glu pada residu protein prekursornya. Asam glutamate yang mengalami reaksi karboksilasi akan berubah menjadi asam karboksiglutamat gamma.
d.Fungsi Vitamin K Untuk Kesehatan Tubuh
    1. Mengontrol Pembekuan Darah
      Karena salah satu fungsi Vitamin K dalam tubuh yaitu untuk membantu dalam peroduksi prothrombin, yakni suatu protein plasma yang diproduksi di hati dan diubah menjadi trombin yang sangat penting untuk pembekuan darah sehingga jika kita kekurangan vitamin k ini makan kita bisa kehabisaan darah saat tubuh kita terluka.
    2. Menurunkan Resiko Penyakit Osteoporosis
      Vitamin K ini akan membantu senyawa osteokalsin yang berperan dalam penyerapan mineral untuk membentuk struktur mineral yang kuat. sehingga dapat menurunkan  resiko terkena osteoporosis yakni suatu kondisi dimana tulang menjadi lemah dan rapuh dan biasanya para ibu-ibu yang sudah lanjut usia yang terserang prnyakit ini, sehingga untuk menghindari penyakit ini menyerang kita dimasa tua kita harus belajar untuk mengonsumsi makanan yang banyak mrngandung Vitamin K ini.
    3. Mencegah Kalsium Berlebihan
      selain lemak yang bisa mengeras ,pembuluh darah jugabisa mengeras dengan penumpukan kalsium,kondisi inilah yang dikenal dengan kalsifikasi, dan vitamin K ini mempunyai fungsi untuk mencegah terjadinya kalsifikasi ini yang akan mengurangi munculnya penyakit kardiovaskular.
    4. Mengobati Penyakit Diabetes
      Menurut Survai sebuah buku ternama yakni Diabetes Care.Vitamin K ini termasuk kedalam vitamin yang tidak dapat larut dalam air namun vitamin ini hanya dapat larut kedalam jaringan lemak dan banyak terdapat dibagian jaringan perut dalam tubuh manusia dapat mengurangi risiko resistensi insulin sehingga membantu melawan diabetes.Melalui mekanisme yang sama, vitamin K dapat memperlambat proses pembentukan sel kanker di hati dan paru-paru.

EFEK SAMPING ;
Ditegaskan, mengkonsumsi vitamin tidak ada efek sampingnya, kecuali bila dimakan secara berlebihan 
  1. Vitamin B, C larut dalam air, sehingga apabila terdapat jumlah yang berlebihan akan dikeluarkan.
  2. Namun Vitamin A, D, E dan K larut dalam lemak,  sehingga jumlah yang berlebihan akan disimpan dalam tubuh dan akan menyebabkan keracunan).
Vitamin A yang berlebihan menyebabkan
  • Penumpukan kalsium dalam otot, penglihatan kabur, rambut rontok dan kulit kering/kuning.
  • Menyebabkan sakit kepaladan gangguan pada sendi. Bahkan pada tingat yang sangat berat, kelebihan vitamin A dapat menyebabkan gangguan jiwa.
  • food supplement yang mengandung vitamin A,D,E,dan K, apabila diminum secara berlebihan dalam jangka panjang akan tertimbun dalam lemak.
Vitamin B kompleks adalah vitamin yang larut dalam air sehingga efek negatifnya lebih kecil,tapi kelebihan vitamin B dapat menyebabkan Mual bila diminum dengan dosis berlebihan.
Jangan minum vitamin B6 lebih dari 200mg per hari. Dosis di atas 2.000 mg sehari dapat mengakibatkan kerusakan otak.
Kelompok vitamin B mempunyai fungsi yang saling berhubungan. Apabila minum 1-2 jenis vitamin B secara berlebihan mungkin bisa menyebabkan gangguan keseimbangan hubungan tersebut, sehingga justru menyebabkan kekurangan vitamin B jenis lain

Kelebihan vitamin C akan dibuang melalui air seni. Meski demikian, berlebihan mengkonsumsi vitamin C membuat kontraksi usus lebih terangsang dan menyebabkan diare.
Vitamin D yang berlebihan menyebabkan Perubahan tulang, kegagalan pertumbuhan pada anak dan merusak ginjal dan hati.
Penumpukan kalsium dalam otot/organ tubuh, 
  • Kalsium/ Natrium yang berlebihan akan menyebabkan
  • Penumpukan zat kalsium dalam otot/organ tubuh, batu/kegagalan ginjal dan arthritis (penyakit persendian). 
  • Menyebabkan perubahan dalam tekanan darah/ritme jantung dan kerusakan syaraf/ginjal













No comments:

Post a Comment

jangan komen yang aneh-aneh