9/10/2018

JENIS-JENIS VITAMIN



JENIS-JENIS VITAMIN
Tugas Gizi dan Diet


1.    Vitamin B
Ada beberapa kelompok golongan Vitamin B (B kompleks) dan secara umum manfaat vitamin B berperan penting dalam metabolism tubuh, terutama dalam hal pelepasan energy saat kita melakukan aktifitas. Peranan vitamin B di dalam tubuh sebagai senyawa koenzim yang dapat meningkatkan laju reaksi metabolism tubuh terhadap berbagai jenis sumber energy. Selain itu beberapa jeni-jenis vitamin B ini juga berperan dalam pembentukan sel darah merah. Sumber vitamin B berasal dari susu, gandum, ikan, dan sayur-sayuran hijau. Adapun jenis dan kelompok golongan vitamin B,:
a.     Vitamin B1
Nama lain dari vitamin B1 Tiamin Hidroklorida yang adalah salah satu jenis vitamin yang memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan kulit dan membantu proses pembakaran karbohidrat menjadi energy, membantu proses metabolism protein dan lemak dan masih banyak lagi fungsi vitamin B1.
Jenis penyakit akibat kekurangan vitamin B1 :
1.    Berbagai gangguan pada kulit, seperti kulit kering dan bersisik
2.    Tubuh juga dapat mengalami penyakit beri-beri
3.    Gangguan saluran fungsi pencernaan, jantung dan system saraf
Sumber Vitamin B1
Jenis-jenis makanan yang mengandung B1 adalah gandum, nasi, daging (hati), susu, telur, dan kacang-kacangan.
b.    Vitamin B2
Nama lain dari B2 adalah Riblovafin. Fungsi vitamin B2 di dalam tubuh berperan penting dalam metabolism. Vitamin B2 berperan sebagai komponen koenzim Flavin Mononukleotida. Kedua enzim ini berperan penting dalam regenerasi energy bagi tubuh, dan oksidasi asam lemak dan juga berperan dalam pembentukan sel darah merah serta menyongkong pertumbuhan berbagai organ tubuh, sepeti kulit, rambut, dan kuku.
Sumber Vitamin B2
Makanan yang bias menjadi sumber vitamin B2 adalah sayur-sayuran segar, kacang kedelai, kuning telur, dan susu.
Kekurangan vitamin B2 dapat menyebabkan daya tahan tubuh menurun, kulit kering, dan bersisik, mulut kering, bibir pecah-pecah.
c.     Vitamin B3
Nama lain vitamin B3 adalah Niasin. Vitamin B3 berfungsi dan berperan penting dalam metabolism karbohidrat, lemak, dan protein untuk menghasilkan energy. Vitamin B3 berperan besar dalam menjaga kadar gula darah, tekanan darah tinggi, dan penyembuhan migraine. Selain itu jenis vitamin ini ikut terlibat dalam mentralisir racun.
Sumber vitamin B3
Banyak ditemukan pada jenis makanan daging hewani seperti hati, ginjal, ikan dan daging ungags. Sumber pangan lainnya yang juga mengandung vitamin ini antara lain gandum dan kentang manis.
Kekurangan vitamin B3
Dampak dari kekurangan vitamin B3 bisa menyebabkan kekejangan, keram otot, gangguan system pencernaan, muntah-muntah, dan mual.
d.    Vitamin B5
Nama lain dari vitamin b5 adalah asam pantotenat. Fungsi vitamin B5 antara lain berperan dalam reaksi enzim di dalam tubuh dan reaksi pemecahan nutrisi makanan. Selain itu, fungsi lain dari vitamin ini adalah sebagai neurotransmitter antara system saraf pusat dan otak serta membantu memproduksi senyawa asam lemak dan hormone tubuh.
Sumber vitamin B5
Makanan hewani, mulai dari daging, susu, ginjal, dan hati hingga makanan nabati. Seperti sayuran hijau dan kacang hijau.
e.     Vitamin B6
Nama lain vitamin B6 yaitu piridoksin. Merupakan vitamin yang esensial bagi pertumbuhan tubuh, selain itu fungsi vitamin B6 lainnya yaitu sintesis energy dan juga berperan dalam metabolism nitrisi serta pemproduksi antibody sebagai pertahanan tubuh.
Sumber vitamin B6
Banyak ditemukan di beras, jagung, kacang-kacangan, daging, dan ikan. Kekurangan vitamin B6 dalam jumlah banyak dapat menyebabkan kulit pecah-pecah, insomnia, dank ram otot.
f.      Vitamin B12
Nama lain dari vitamin B12 adalah kobalamin. Vitamin jenis ini khusus hanya diproduksi oleh hewan dan tidak ditemukan pada tanaman atau tumbuh-tumbuhan.
Fungsi vitamin B12
Ikut berperan dalam metabolism energy tubuh, ikut menjaga dan memelihara kesehatan sel saraf, serat ikut berperan dalam pembentukan molekul DNA dan RNA.
Sumber vitamin B12
Telur, hati, daging merupakan sumber makanan yang baik untuk memenuhi kebutuhan vitamin B12. Kekurangan vitamin B12 menyebabkan penyakit Anemia dan kekurangan darah, iritasi pada kulit dan mudah lelah
2.    Vitamin C
Nama lain vitamin C yaitu asam Askorbat. Banyak sekali manfaat vitamin C bagi kesehatan tubuh kita. diantara yaitu berperan sebagai pembentuk kolagen yang merupakan protein penting penyusun jaringan kulit, sendi, tulang. Selain itu vitamin C merupakan antioksidan alami yang bias menangkal berbagai radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh kita sehingga meminimalisir risiko terjadinya berbagai penyakit.
Selain itu, vitamin C berperan dalam menjaga kebugaran tubuh dan mencegah penuaan diri, sangat baik dan bermanfaat vitamin C untuk kecantikan kulit bias mencegah berbagai jenis penyakit.
Sumber vitamin C
Jeruk banyak terdapat pada buah-buahan seperti jeruk, tomat, semangka, dan sayuran.
Kekirangan vitamin C bias menyebabkan gusi berdarah dan nyeri pada persendian, kurangnya imunitas tubuh. Namun kelebihan vitamin C berdampak buruk terhadap ginjal dan gangguan saluran pencernaan.
3.    Vitamin D
Vitamin D adalah jenis vitamin yang paling mempengaruhi bagian tulang.
Sumber vitamin D adalah banyak ditemukan pada jenis makanan seperti ikan, telur, susu, dan keju.
Manfaat dan fungsi vitamin D adalah mempengaruhi pertumubhan tulang, membantu metabolism kalsium, dan mineral penting untuk tulang.
Kekurangan vitamin D bias menyebabkan pertumbuhan tulang dan kaki tidak normal, seperi betis kaki akan membentuk huruf O dan X. selain itu menyebabkan gigi mudah mengalami kerusakan, dan hilangnya unsur kalsium dan fosfor secara berlebihan di dalam tulang yang berakibat rapuhnya kekuatan tulang.
4.    Vitamin E
Fungsi vitamin E berperan sebagai antioksidan alami dan untuk menjaga kesehatan berbagai jaringan di dalam tubuh, mulai dari mata, sel darah merah, hati, dan jaringan kulit. Karena itu vitamin E bias menghambat dan mencegah penuaan dini.
Sumber vitamin E banyak terdapat pada ikan, ayam, kuning telur, ragi, dan minyak.
Kekurangan vitamin E menyebabkan gangguan kesehatan yang fatal bagi tubuh seperti kemandulan dan keguguran, konsumsi vitamin E sangat penting untuk tubuh baik bagi pria maupun wanita.
5.    Vitamin K
Salah satu vitamin yang larut dalam lemak, fingsi vitamin K yaitu berperan dalam pembekuan darah dan berpengaruh terhadap penutupan luka.
Sumber vitamin K adalah sayur hijau, brokoli, kol, hati, kacang polong,dll
Kekurangan vitamin K akan berakibat pada kesulitan pembekuan darah saat terjadi luka ataun pendarahan.








Referensi :

No comments:

Post a Comment

jangan komen yang aneh-aneh