9/05/2018

PANCASILA SEBAGAI PANDANGAN HIDUP

PANCASILA SEBAGAI PANDANGAN HIDUP

Pancasila sebagai pandangan hidupbangsa yang berarti bahwa pancasilamenjadi petunjuk atau pedoman diberbagai kegiatan kehidupan untuk mengatur kehidupan bernegara dan berbangsa Indonesia. ... Dapat disimpulkan bahwa semua perilaku dan sikap setiap individu harus dijiwai dengan nilai-nilai pancasila
No
Aspek Informasi
Uraian
1
Pengertian pandangan hidup
Pancasila adalah kristalisasi dari nilai-nilai yang dimiliki suatu bangsa itu sendiri, yang diyakini kebenarannya dan menimbulkan tekad pada bangsa itu untuk mewujudkannya.
2
Kedudukan Pancasila sebagai pandangan hidup
Pandangan hidup bangsa kita yang kemudian kita namakan dengan Pancasila. Seperti yang ditujukan dalam ketetapan MPR No. II/MPR/1979, maka pancasila itu adalah jiwa seluruh rakyat Indonesia, pandangan hidup bangsa Indonesia dan dasar Negara kita.
3
Manfaat ideologi pandangan hidup
- Merupakan jiwa dan kepribadian bangsa
menciptakan cita-cita bangsa
- Sebagai pandangan atau pedoman hidup
- Sebagai alat pemersatu bangsa
- Mempunyai tujuan yang jelas dalam bernegara
- Memberikan arah dan tujuan untuk
- Sebagai landasan idil negara
4
Akibat tidak memiliki pandangan hidup
1. Suatu bangsa bisa kacau dalam menghadapi masalah-masalah besar yang akan timbul, baik masalah-masalah yang ada di masyarakat , bangsa dan negaranya sendiri, maupun masalah-masalah besar pada umat manusia dalam pergaulan masyarakat bangsa-bangsa lain di dunia.
2. Mengalami kesulitan dalam memecahkan berbagai persoalan bangsa dan membangun dirinya karena tidak dapat menyelaskan perkembangan dan kemajuan zaman dengan nilai-nilai yang dimiliki oleh bangsa itu sendiri.

No comments:

Post a Comment

jangan komen yang aneh-aneh