9/05/2018

Cara menyusun proposal penelitian untuk skripsi

Proposal penelitian dimaksud, diajukan kepada program yang menyelenggarakan pendidikan pada berbagai jenjang tadi.

Kegiatan ilmiah salah satunya dilakukan melalui penelitian Ilmiah. Penelitian ilmiah, umumnya diawali dengan penyusunan proposal atau rencana penelitian. Kata Proposal sendiri berasal dari bahasa Inggris, to propose yang berarti mengajukan. Penelitian ilmiah, secara akademik biasanya terwujud dalam bentuk Skripsi (SI), Tesis (S2) dan Disertasi (S3). 


Pendahuluan

Pendahuluan ini bisa dikatakan sebagai BAB 1 yang mana memuat latar belakang, rumusan masalah, tujuan dan manfaat yang masing-masing harus ditulis dengan bahasa yang baku.
Pada pendahuluan, kamu harus memaparkan aspek antologis maupun aspek aksiologis. Aspek Antologis yakni aspek yang memaparkan latar belakang dan rumusan masalah. Sedangkan aksologis memaparkan tujuan dan manfaat.

Latar Belakang

Latar belakang ini memuat informasi topik yang dibahas dalam proposal. Pada poin ini, menjelaskan data maupun fakta yang dapat mendorong timbulnya masalah yang dibahas. Selain itu, dijelaskan juga alasan dari penelitian yang kamu lakukan.

Rumusan Masalah

Rumusan masalah memuat tentang masalah yang akan diselesaikan melalui proses penelitian. Pada hal ini, ruang lingkup masalah harus dibatasi agar penjelasan tidak melenceng keluar dari konteks bahasan.
Pada rumusan masalah, kamu diharuskan untuk menjelaskan bagaimana mengatasi serta penyelesainnya, tata penulisan juga harus jelas dan biasanya diringkas sedemikian mungkin dalam satu permasalahan pokok.

Tujuan dan Manfaat

Tujuan penelitian diharuskan untuk berkaitan dengan rumusan masalah yang dibuat, juga merupakan arahan jawaban dari hipotesisi sementara berdasarkan asumsi yang dibuat.
Selain daripada itu, tujuan dari penelitian juga menjelaskan mengenai kegunaan hasil penelitian yang telah dicapai baik secara umum, seperti masyarakat dan pemerintah maupun secara khusus seperti manfaat untuk mahasiswa itu sendiri.

Tinjauan Pustaka

Tinjauan pustaka ini meliputi kajian teori yang mana masih berhubungan degan masalah yang dibahas pada skripsi, tinjauan terhadap hasil penelitian terlebih dahulu, perumusan hipotesis sebagai hasil akhir dari kajian teori dan terakhir kerangka pemikiran yang berkaitan dengan permasalahan.
Kajian teori ini dapat kamu lakukan dalam beberapa tahap, yakni:
a. Mengumpulkan pendapat yang berkaitan dengan pokok permasalahan
b. Membandingkan dan memilihh teori yang layak untuk dipecahkan masalahnya
c. Membahas kelemahan dan keunggulan teori-teori yang digunakan
d. Menentukan teori yang akan dijadikan dasar anailisis
Setelah itu, maka dalam tinjauan pustakan dapat disertai hipotesis atau asumsi sebagai penguat penelitian yang kamu lakukan.
Hipotesis yang dimaksud, merupakan dugaan atau jawaban sementara terkait masalah yang akan diuji.

Metode Penelitian

Metode penelitian merupakan aspek terpenting dari sebuah proposal skripsi. Pada metode penelitian harus ditulis dengan jelas bagaimana arus dari berlangsungnya penelitian tersebut.
Apabila kamu ingin agar skripsi yang kamu buat itu diterima oleh dosen, sebaiknyak mua membuat metode penelitian yang jelas dan dapat dipertanggungjawabkan dari segi keilmiahannya.
Ada beberapa poin penting dalam menulis metode penelitian, diantaranya:

Jenis Penelitian

Jenis penelitian merupakan kategori dari penelitian tersebut. Berdasarkan dari jenisnya, penelitian dibedakan menjadi dua bagian, yakni kualitatif dan kuantitatif.

Tempat dan Waktu Penelitian

Poin satu ini adalah tempat dan lokasi penelitian dilakukan. Penulisan lokasi dan waktu harus lengkap dan jelas yang menggambarkan jelas kondisi lokasi penelitian.

Sample atau Bahan Penelitian

Sample yang dimaksud ini dapat berupa responden, informan maupun bahan lain yang dapat dimanfaatkan dalam penyelesaian penelitian.
Responden adalah orang yang memmberi tanggapan, sedangkan informan merupakan orang yang menguasai penelitian tersebut.

Desain Penelitian

Desain penelitian merupakan langkah-langkah yang ditempuh untuk meraih hasil yang ingin dicapai. Desain penelitian ini dapat digambarkan dalam bentuk diagram.

Data dan Sumber Data

Data dan Sumber data ini merupakan kumpulan fakta atau informasi dalam bentuk sebuah deskripsi atau angka yang berasal dari sumber data.
Sumber data ini dapat berasal dari kawasan masyarakat, tumbuhan, hewan, alat atau organisasi lainnya. Sumber data ini memiliki dua macam, yakni data primer dan sekunder.

Analisa Data

Analisan data ini adalah teknik pengelolaan data awal dan uraian cara analisisnya. Teknik penyajiannya dapat berupa penabulasian, pengkodean, pengeditan dan lain-lain.
Teknik analisis data ini tergantung kepada jenis penelitian yang dilakukan, karena setiap penelitian memiliki analisis data yang berbeda.
Jika kamu bertanya mengenai masalah sistematika, sebenarnya sistematika di setiap universitas itu beda-beda. Namun ada juga satu sistematika yang biasa digunakan oleh berbagai universitas, yakni sebagai berikut:
COVER
LEMBAR JUDUL
LEMBAR PENGESAHAN
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
DAFTAR TABEL
DAFTAR GAMBAR
DAFTAR LAMPIRAN
BAB I. PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
1.2 Rumusan Masalah
1.3 Batasan Masalah
1.4 Tujuan Penelitian
1.5 Manfaat Penelitian

BAB II. TINJAUAN PUSTAKA
2.1 Landasan Teori
2.1.1 Bag. Ladasan Teori
2.2 Kerangka Pikir

BAB III. METODE PENELITIAN
3.1 Lokasi dan Waktu Penelitian
3.2 Teknik Pengumpulan Data
3.3 Teknik Analisis Data
3.4 Analisis Sistem

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN

Penjelasan Sistematika Contoh Proposal Skripsi:

1. Cover Proposal
Cover proposal merupakan halaman depan yang pertama kali dilihat oleh dosen penguji, cover proposal skripsi berisi judul skripsi, nama penyusun, nomor induk mahasiswa, logo universitas, nama program study, jurusan, nama universitas, dan paling bawah tahun pembuatan.
2. Lembar Judul
Biasanya setiap universitas berbeda-beda, ada yang memakainya, namun ada juga yang tidak memakainya. Lembar judul ini merupakan lembaran yang hanya berisi judul skripsi yang diajukan.
3. Lembar Pengesahan
Lembar pengesahan merupakan halaman untuk mengesahkan skripsi yang dibuat, biasanya pada uji proposal lembar pengesahan dibuat hanya saja tidak dibubuhi tanda tangan dosen pembimbing.
Akan tetapi, pengesahan proposal skripsi biasanya hanya berupa tanda terima dari dosen pembimbing utama di halaman cover.
4. Daftar Isi
Daftar isi adalah daftar halaman dari isi proposal skripsi yang dibuat, daftar isi dibuat agar pembaca atau penguji dengan mudah menemukan bagian-bagian dari proposal skripsi.
5. Kata Pengantar
Kata pengantar berisi sebuah pernyataan pengantar dari penulis yang menjelaskan tentang maksud dan tujuan dari penulisan skripsi beserta ucapan terima kasih dari penulis kepada pihak-pihak kampus dan pihak-pihak yang membantu penulis.
6. Daftar Tabel
Daftar tabel merupakan daftar judul-judul tabel yang berada pada proposal skripsi, daftar tabel berfungsi untuk mempermudahkan pembaca dalam mencari tabel yang berkaitan dengan pembahasan.
7. Daftar Gambar
Daftar gambar merupakan daftar-daftar gambar yang berada pada selusuh isi dari proposal, daftar gambar dipakai jika proposal skripsi terdapat gambar jika tidak terdapat gambar sebaiknya jangan sisipkan lembaran daftar gambar.
8. Daftar Lampiran
Daftar lampiran merupakan halaman yang berisi daftar-daftar lampiran seperti lampiran surat penelitian, lampiran berkas, dan lampiran-lampiran yang dibutuhkan dalam penyelesaian skripsi.
9. BAB 1
Bab 1 merupakan bab pendahuluan dari proposal skripsi yang didalamyan berisi latar belakang masalah, rumusan masalah, batasan masalah, tujuan penelitian, serta manfaat penelitian seperti yang dibahas di atas tadi.
10. BAB 2
Bab 2 merupakan bab isi dari proposal, disarankan pada landasan teori jangan terlalu banyak hanya yang dibutuhkan saja untuk proposal.
11. BAB 3
Bab 3 merupakan bab yang berisi metode penelitian seperti lokasi dan waktu penelitian, teknik pengumpulan data, teknik analisis data dan juga analisis sistem.
12. Daftar Pustaka
Daftar pustaka berisi daftar bahan-bahan referensi atau literature yang telah digunakan untuk penelitian.
Referensi tersebut baik diambil dari buku, jurnal, maupun sumber elektronik maka harus disertakan dalam halaman daftar pustaka.
13. Lampiran
Lampiran merupakan halaman yang berisi scanan atau potokopi lampiran berkas-berkas yang dibutuhkan untuk melengkapi data-data penelitian dalam tugas akhir. Baik berupa surat penelitian ataupun berkas-berkas dari tempat penelitian.

No comments:

Post a Comment

jangan komen yang aneh-aneh