2/17/2015

Memelihara Hamster untuk Pemula

 

Makanan Hamster
________________________________________________________________________
1. Beri makanan yang sesuai dengan hamster anda minimal 2 kali sehari. dan jangan terlalu banyak. Untuk mendapatkan makanan yang sesuai, bisa anda cari di beberapa supermarket atau bisa juga anda dapatkan di petshop. Makanan hamster yang baik adalah makanan yang kering. Kenapa? Karena sistem pencernaan hamster memang tidak mampu mencerna makanan yang terlalu lembab seperti jagung, wortel, ataupun sayur. Dan jangan memberikan makanan yang sama setiap hari. Bisa diselang seling. Beberapa merk makanan hamster yang tersedia di Indonesia seperti Hagen, Ultra Blend, Hartz, Vitakraft, Nutriblocks, Minimal Goods, XtraVital, dan Hamsfood.

2. Siapa yang tidak tahu kalau Hamster sangat menyukai biji bunga matahari. Mereka menganggap ini sebagai jajanan atau camilan. Namun jangan pernah memberi hamster anda biji bunga matahari atau kuaci terlalu banyak. Pemberian yang terlalu berlebihan justru akan berakibat buruk untuk hamster anda. Hamster sangat menyukai bii bunga matahari, bahkan mereka bisa terus memakannya hingga mereka mengalami kegemukkan atau obesitas. Ini karena biji bungan matahari memang memiliki kandungan lemak yang banyak untuk seekor hamster. Ini juga akan mengakibatkan kelainan saat proses melahirkan nanti. Tidak hanya itu, biji bunga matahari tidak memiliki kandungan kalsium sehingga hamster bisa saja kekurangan kalsium untuk pertumbuhan tulangnya.

3. Berikan hamster susu setiap hari dengan susu khusus hamster. Kebiasaan orang tidak ingin mengeluarkan uang lebih untuk hamsternya dan memilih memberikan susu yang diformulasikan khusus untuk manusia kepada hamsternya. Ini justru akan membuat bulu hamster itu cepat rontok dan menjadi tipis

4. Berikan hamster snack kesukaannya seminggu sekali. Tapi jangan sampai anda memberikannya setiap hari. karena memakan snack yang berlebihan akan membuat asupan gizinya tidak seimbang. Snack yang anda berikan juga jangan terlalu lembab. Snack yang baik seperti sereal, roti, kacang-kacangan, biskuit dan sebagainya

5. Sebenarnya, hamster mengambil minuman dari sayur-sayuran yang mereka makan. Namun terkadang kita tidak sempat memberi hamster kesayangan kita sayuran. Oleh karena itu, sebagai solusinya berikanlah minuman didalam botol minuman yang bersih dan didesain khusus untuk hamster. Selain itu air yang diberikan juga harus dimasak terlebih dahulu agar kuman-kumannya mati.

Kebersihan Hamster

__________________________________________________________________________
1. Jangan pernah memandikan hamster, karena sebenarnya hamster ini hewan padang pasir. Kalau terpaksa memandikannya cukup dengan membasuh atau melap hamster itu dan jangan sampai tubuhnya basah. Lagipula, sebenarnya hamster itu seperti kucing, memiliki cara tersendiri untuk membersihkan tubuh mereka tanpa harus kita bersihkan.

2. Bersihkan kandang atau tempat tinggal mereka paling tidak seminggu sekali. Untuk membuatnya nyaman dan hangat anda bisa memberikan sobekkan kertas ataupun serbuk kayu dilantai kandangnya.



sumber : http://www.caramerawat.net 

http://hamsker.blogspot.com/2012/12/cara-merawat-hamster-dengan-baik-dan.html

No comments:

Post a Comment

jangan komen yang aneh-aneh